Bola-Bola Es Misterius Muncul di Teluk Finlandia

By dlhbengkalis 14 Desember 2017, 20:39:58 WIBInternasional

Bola-Bola Es Misterius Muncul di Teluk Finlandia

Keterangan Gambar : Bola-Bola Es Misterius Muncul di Teluk Finlandia


Saint Petersburg - Fenomena aneh terjadi di Teluk Finlandia yang luasnya hampir sama dengan kota Saint Petersburg, Rusia bagian timur. Ribuan bola es aneh ditemukan di sana.

Peristiwa ini menghebohkan warganet. Foto bola-bola es itu tersebar, meluas amat cepat di dunia maya. Sebagian besar netizen tak mempercayai peristiwa itu. Bola es berbentuk bundar tersebut diperkirakan berdiameter 10 sentimeter. Seorang ahli ekologi asal Rusia percaya, fenomena munculnya ratusan bola es itu disebabkan oleh polusi minyak di laut.

Tumpahan minyak di dalam air laut bisa menciptakan bola es, tapi itu bukan satu-satunya yang melatarbelakangi fenomena tersebut, kata Ilya Leukhin seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/12/2017).

Pengguna media sosial di Rusia memanfaatkan momen langka ini. Mereka memotret, merekam, mengunggahnya ke internet, hingga menjadikannya bahan lelucon. 

Ada yang berkelakar bahwa telah terjadi perang bola salju secara besar-besaran di daerah itu, ada yang membandingkannya dengan buah cranberry, bahkan ada yang berceloteh bahwa bola es itu merupakan kaviar (telur) ikan paus yang terdampar di pantai.

Sebelumnya, seorang asisten profesor dari Departemen Perkiraan Meteorologi di St. Petersburg's Russian State Hydrometeorological University, Gennady Grakhovsky, mengemukakan pendapatnya kepada jaringan televisi Channel 5 di Rusia.

Ia berpendapat, bola-bola es itu terbentuk saat air laut yang beku bertemu dengan kondisi laut yang buruk. Karena membeku, air laut melewati tiga fase. Fase pertama disebut lumpur salju (slush), es halus yang mengapung di permukaan air laut, jelas Grakhovsky, seperti dikutip dari Sputnik.

Bila air laut tenang, lumpur itu berubah menjadi bongkahan es. Bila laut yang tenang itu berombak, bongkahan itu akan dilumatkan menjadi seperti pancake. Namun, bila ombaknya besar, lumpur tadi membentuk gumpalan dan hasilnya adalah bola es itu, jelas Grakhovsky. DLHBENGKALIS



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment